Liga Primer Indonesia

Liga Primer Indonesia adalah kompetisi sepak bola antar klub profesional di Indonesia yang diselenggarakan sejak 2011. LPI diselenggarakan oleh PT Liga Primer Indonesia yang dimotori oleh pengusaha Arifin Panigoro. LPI tidak berafiliasi dengan PSSI, sehingga menjadi ajang tandingan terhadap Liga Super Indonesia yang diselenggarakan oleh PSSI.

Dasar hukum
PSSI menganggap penyelenggaran LPI ilegal karena tidak memiliki izin dari asosiasi sepakbola tersebut. Akan tetapi pihak LPI menyatakan bahwa penyelenggaraan LPI tidak melanggar hukum karena sesuai dengan rekomendasi Kongres Sepak Bola Nasional yang dilaksanakan di Malang pada Maret 2010.Konsorsium LPI juga menyatakan sudah beberapa kali mencoba berkoordinasi dan meminta izin kepada PSSI namun PSSI bersikap menutup diri terhadap penyelenggaraan LPI. PSSI memaparkan secara panjang lebar alasan mengapa LPI melawan hukum, namun tidak pernah menjelaskan alasan mengapa mereka tidak merestui LPI, kecuali menyebut LPI sebagai "kompetisi ecek-ecek." "tarkam" dan "banci." LPI akhirnya mendapatkan izin dari pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng.

Format kompetisi
LPI menggunakan format kompetisi penuh. Setiap tim akan menghadapi tim lawan yang sama sebanyak 2 kali dalam 1 musim melalui pertandingan kandang dan tandang. Pemenang akan ditentukan dari jumlah poin paling banyak selama 36 pertandingan.

Liga Primer Indonesia musim pertama yang di ikuti oleh 19 klub sebagai berikut :
  1. Atjeh United
  2. Bali Devata
  3. Bandung FC
  4. Batavia Union
  5. Bintang Medan
  6. Bogor Raya
  7. Cendrawasih Papua
  8. Jakarta FC 1928
  9. Manado United
  10. Medan Chiefs
  11. Minangkabau FC
  12. Persebaya 1927
  13. Persema
  14. Persibo
  15. PSM
  16. Real Mataram
  17. Semarang United
  18. Solo FC
  19. Tangerang Wolves
Untuk inforamsi selangkapnya Liga Primer Indonesia, silahkan kunjungi langsung Sumber Info : http://id.wikipedia.org/wiki/Liga_Primer_Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pertandingan PPD 2014 Zone Asia

Skuad Timnas Swedia Di Piala Eropa 2012

Type Approval Indonesia Agent